Sewa Tanah dan Bangunan Upaya Dongkrak PAD Kota Bandung

heny/ay | Rabu, 29 April 2009

 

(Bandung-BentarNews.com): Sewa-menyewa tanah/bangunan yang tidak terpakai oleh Pemkot Bandung, merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung. “Agar berkelanjutan program pemerintah tersebut, maka Bagian Pengelolaan Aset Setda Kota Bandung sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah No.41 tahun 2007 tentang organisasi Perangkat Daerah, yang semula sewa-menyewa tanah/bangunan oleh SKPD yang lain, kini ditangani oleh kami,” dikatakan HJ.Attie.D Anjar Rachman SH, selaku Kepala Bagian Pengelolaan Asset Setda Kota Bandung, kepada Bentarnews.com saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/04).

Menurut Attie, adapun syarat-syarat permohonan sewa sesuai Peraturan Walikota No 828 tahun 2008, tentang tata cara pelaksanaan sewa tanah dan/atau bangunan milik Daerah Kota Bandung, diantaranya 1 untuk pemohon sewa atas tanah dan/atau bangunan harus melengkapi persyaratan sebagai berikut. Yakni melampirkan photo copi kartu tanda penduduk (kTP), dan kartu keluarga (KK) yang masih berlaku, kemudian photo copi akte mendirikan untuk badan usaha, lalu photo copi surat pemberitahuan pajak atau hutang (SPPT), surat tanda pajak setoran (STPS), pajak bumi dan bangunan (PBB) terakhir, melampirkan photo copy pembayaran sewa tanah/atau bangunan terakhir. Dan photo copi surat tanda kepemilikan bangunan dari lurah, camat setempat dan/atau akte notaries, disertai dengan surat-surat yang ada kaitannya dengan sewa tanah dan/atau bangunan.

Sedangkan yang syarat-syarat yang kedua, dikatakannya berlaku untuk pemohon mengajukan perpanjangan sewa harus melampirkan photo copy KTP dan KK yang masih berlaku, lalu melampirkan photo copy akta mendirikan untuk badan hokum. Kemudian photo copy surat perjanjian sewa menyewa tanah dan/atau bangunan/surat ijin pemakaian tanah dan/atau bangunan. Ditambah lagi melampirkan photo copi SPPT, STPS, PBB terakhir. Selanjutnya, melampirkan photo copy surat ijin mendirikan bangunan (SIMB) dan/atau surat tanda kepemilikan bangunan dari lurah/camat setempat dan /atau Akta Notaris. Dan yang terakhir melampirkan surat-surat yang ada kaitannya dengan sewa tanah dan /atau bangunan milik Pemkot Bandung.

Kategori ketiga menurutnya, diperuntukan bagi pemohon yang mengajukan balik nama sewa, harus melampirkan syarat-syarat seperti ini, photo copi KPT dan KK yang masih berlaku, photo copi akta mendirikan untuk badan hokum. Lalu surat perjanjian sewa menyewa tanah dan/atau bangunan/surat ijin pemakaian tanah dan /atau bangunan. Kemudian melampirkan photo copi surat pemberitahuan pajak terhutang SPPT, STPS dan PBB terakhir, ditambah photo copi akta peralihan hak yang dibuat dihadapan notaris/camat apabila terjadi mutasi, mutandis atau bangunan dan/atau perolehan hak atas tanah. Tambahan pula photo copi surat keterangan ahli waris, serta photo copi bukti pembayaran sewa tanah dan atau bangunan terakhir, serta surat-surat yang ada kaitannya dengan sewa tanah dan /atau bangunan. (Heny/ay)