Sat, 15 Dec 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Yulia, Dara Geulis Cintai Seni Tari Ronggeng Gunung

Bandung-BentarNews.com: Bisa dibilang jarang sekali generasi muda sekarang yang benar-benar mencintai salah satu seni tari asli Jawa Barat yang hampir punah ini, yakni Tarian Ronggeng Gunung. Bahkan tak terdengar kata lelah ataupun keluhan bagi dara geulis (cantik) asal Kec. Parigi, Kab. Pangandaran ini, ketika ia didaulat untuk membawakan Tarian Ronggeng Gunung di salah satu panggung pertunjukan di Kota Bandung akhir September lalu.

Hanya ada senyuman dan semangat yang menggebu-gebu, ketika ia menggerakkan jari-jemari dan menghentakkan kedua kakinya. Tarian Ronggeng Gunung yang ia bawakan sangatlah energik dan menyenangkan, bahkan para peserta pameran pun ikut menirukan gerakan-gerakan yang cukup lincah ini. Bagi pemula memang agak kesulitan dalam menirukan gerakan penari yang sudah piawai ini.

“Saya ingin menunjukkan bahwa seni warisan leluhur Sunda ini tidak lah ketinggalan jaman. Bahkan Ronggeng Gunung merupakan jenis kesenian yang bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Saya sangat senang sebagai pekerja seni yang menggeluti Tarian Ronggeng Gunung asli Pangandaran yang sangat terhormat ini,” ungkap Yulia.

Yulia berharap bisa melanggengkan Tarian Ronggeng Gunung ini. “Saya berusaha semaksimal mungkin dalam membawakan Tarian Ronggeng Gunung ini yang penuh dengan tuntunan dari para leluhur kita, bukan sekedar tontonan belaka. Tentunya, saya akan tetap berusaha seprofesional mungkin dalam mem-bawakan tarian ini, agar penari Ronggeng Gunung tidak dipandang sebelah mata,” ujar dara cantik yang masih duduk di kelas XII SMK ini. (Asep Y)

Penari Ronggeng Gunung: Yulia Sri Mulyati (De Lia), dara cantik pelajar SMK Tunas Brilliant Parigi, Kec. Parigi Kab.Pangandaran menunjukkan kepiawaiannya dalam menarikan Tarian Ronggeng Gunung di Pameran Kompepar & Desa Wisata Jabar, Disparbud Jabar, 26-27 September 2015. (Foto: Asep Yulianto)

2015-10-02 00:22:26