Thu, 09 Dec 2021

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Warga Bandung Dukung Inggit Garnasih Pahlawan Nasional

Bandung-BentarNews.com: Penghargaan atas jasa Ibu Inggit Garnasih terhadap perjuangan kemerdekaan Republik ini, seakan punah ditelan jaman. Padahal jasa beliau yang telah mengantarkan perjuangan Ir.Sukarno selama dua puluh tahun di periode sebelum kemerdekaan RI. Tanpa sosok Inggit Garnasih, mungkin Sukarno belum tentu menjadi sosok pejuang yang tangguh dalam menghadapi segala bentuk rintangan.

Menurut para tokoh Jawa Barat, kisah Inggit bisa dikatakan menyerupai kisah kiprah Siti Khodijah di masa perjuangan Nabi Muhammad SAW. Tetapi kini ironis sekali, perjuangan Inggit Garnasih yang turut berjuang demi Kemerdekaan Bangsa Indonesia ini ternyata belum mendapatkan Gelar Pahlawan di negerinya sendiri.

Untuk itu, sebagai warga Kota Bandung maupun Jawa Barat lainnya seyogyalah memperjuangkan Ibu Inggit Garnasih sebagai Pahlawan Nasional. Sebagai tokoh pituin Sunda, seharusnya para tokoh Sunda sekarang patut meniru kepribadian Inggit Garnasih yang teguh dalam mendampingi Sukarno di saat pahit getirnya perjuangan merebut kemerdekaan.

Selanjutnya, guna mengenang jasa Inggit Garnasih, Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kota Bandung yang didukung Kecamatan Astana Anyar dan organisasi tingkat kecamatan, akan menggelar acara Karya Pusaka Budaya di Rumah Sejarah Inggit Garnasih Jalan Ciateul No.8 Kelurahan Nyengseret, Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung.

Menurut Ketua Forum BKM Kota Bandung yang sekaligus Ketua Panitia, Siti Khodijah mengatakan pihaknya akan menggelar beberapa kegiatan untuk mengenang jasa Ibu Inggit Garnasih seperti Napak Tilas Perjalanan Inggit Garnasih dengan Sukarno. “Kami warga Bandung ingin sekali mengetahui seberapa jauh dan besarnya jasa Ibu Inggit Garnasih dalam perjuangannya memerdekakan Indonesia bersama suami tercintanya yakni Ir. Sukarno. Khusus nya, perjuangan Inggit dari rumahnya di Jalan Ciateul Kota Bandung,” ungkap Siti baru-baru ini.

Dalam kegiatan yang rencananya dilaksanakan selama dua hari, 16-17 April 2016 di Rumah Sejarah Inggit Garnasih, akan digelar pameran benda pusaka Jawa Barat, pencanangan kampung wisata sejarah di wilayah Kelurahan Nyengseret, tampilan Seni Lengser, Kacapi Suling dan wayang golek. Selain itu, direncanakan ada pertunjukan monolog Inggit Garnasih dan Film Sejarah-nya dari API Bandung serta deklarasi Laskar Inggit Garnasih.

Siti menerangkan untuk memeriahkan acara Gelar Pusaka Budaya ini, pihaknya juga mengadakan perlombaan bagi anak-anak seperti lomba mewarnai, juga lomba memasak bagi pasangan keluarga. Kemudian, panitia juga menyediakan tenda sewaan untuk bazar kuliner di sepanjang Jalan Ciateul depan Rumah Sejarah Inggit Garnasih.

Camat Astana Anyar, Dadang Iriana sangat merespon rencana kegiatan ini, karena Inggit Garnasih adalah tokoh nasional yang berasal dari Kelurahan Nyengseret Kecamatan Astana Anyar. “Kami bangga dengan adanya Tokoh Nasional seperti Ibu Inggit di wilayah Astana Anyar. Mudah-mudahan acara ini bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar, sehingga akan mengharumkan daerah kami ke tingkat nasional bahkan dunia. Juga, masyarakat bisa menikmati segala pertunjukan kesenian daerah dan kuliner tradisional maupun moderen, sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan indeks kebahagiaan bagi warga seperti dicanangkan Bapak Walikota Bandung, Ridwan Kamil menuju Bandung Kota Juara. (Asep Yulianto)

Ket. foto: Ketua Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kota Bandung, Siti Khodijah (kanan) & panitia Gelar Karya Pusaka Budaya 2016 berkoordinasi dengan Camat Astana Anyar Dadang Iriana dan Lurah Nyengseret Suryana di kantor Kecamatan Astana Anyar, Senin (04/04). (Foto oleh Asep Y)

2016-04-15 15:20:28