Mon, 18 Jun 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Tingkatkan SDM Pariwisata, Disbudpar Jabar Gelar Pelatihan Pramuwisata Umum

(Bandung): Potensi budaya dan pariwisata Jawa Barat sangatlah besar, namun cara memanajnya belum optimal. Sehingga hasilnya tidak bisa dijual dengan baik. Hal ini akibat persoalan maupun kendala seperti belum terjaminnya keamanan, infrastruktur yang belum memadai dan belum terintegrasinya pelaku yang terjun di dalam industri pariwisata.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat H.I. Budhyana ketika membuka pelatihan pramuwisata umum (guide) di Hotel Gandasari, Jl. Seram-Kota Bandung, Senin (12/5). Turut hadir dalam acara ini Kepala Balai Pengembangan Kemitraan dan Pelatihan Tenaga Kepariwisataan Disbudpar Jabar Subekti serta 50 orang peserta pelatihan tenaga pramuwisata umum. Menurut jadwal kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 12 hingga 17 Mei 2008 di Kota Bandung, Kota Cirebon dan Kota Bogor.

?Pembangunan pariwisata Jawa Barat dilakukan sesuai dengan visi dan misi Disbudpar Jabar yaitu Jawa Barat sebagai daerah budaya dan tujuan wisata andalan. Sehingga peranan para pramuwisata umum adalah sebagai ujung tombak untuk memajukan pariwisata di Jawa Barat. Untuk itu, potensi generasi muda perlu terus digali, dibina dan diarahkan dalam mendorong industri pariwisata Jabar. Salah satunya dengan kegiatan pelatihan pramuwisata umum,? kata Budhyana.

Sementara menurut Subekti, kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan SDM Pariwisata Jabar yakni melalui salah satu unsur pariwisata berupa pramuwisata umum. Sedangkan tujuannya adalah agar para pramuwisata umum mendapat wawasan yang lebih tentang budaya dan tujuan wisata primer maupun sekunder di Jabar. ?Kami berharap pramuwisata ini bisa memberikan pelayanan dan informasi yang optimal bagi wisatawan. Selain itu, tercipta iklim kebersamaan diantara pemandu wisata sehingga saling mendukung satu sama lain dalam melaksanakan tugas profesinya,? kata Subekti.

2008-05-14 20:56:19