Sat, 18 Aug 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

SDM Kunci Sukses Bagi Pariwisata Jabar

Untuk mewujudkan visi dan misi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar Jabar) yaitu Jabar sebagai daerah budaya dan tujuan wisata andalan, maka diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh, berkualitas dan mandiri. Dalam pengembangan kualitas SDM ini tidak hanya menyangkut skil saja, tetapi perilaku SDM perlu dimaksimalkan. Sebab, SDM pariwisata adalah orang yang langsung berinteraksi dengan para wisatawan.

Hal tersebut diungkapkan Kadisbudpar Jabar, H.I. Budhyana pada pembukaan kegiatan uji kompetensi tenaga usaha jasa pariwisata Jawa Barat di Hotel Gumilang Sari, Jl. Dr.Setiabudhi 323-Bandung, beberapa waktu lalu. Hadir dalam acara ini Kepala Balai Pengembangan Kemitraan dan Pelatihan Tenaga Kepariwisataan Jabar, Subekti, ASITA Jabar dan para master assessor.

Menurut Budhyana, pengembangan SDM pariwisata perlu diarahkan kepada pembentukan tenaga kerja professional yang maju, mandiri beretos kerja tinggi, produktif dan kompetitif. Hal ini merupakan syarat mutlak untuk menghadapi ketatnya pasar persaingan kerja, baik nasional maupun internasional. Untuk itu, perlu sistem sertivikasi kompetensi sesuai dengan sertivikat yang dimiliki seseorang dalam bidang keahliannya sesuai pendidikan pelatihan dan pengalaman kerja yang dipersyaratkan.

?Sebagai pengakuan dan jaminan mutu terhadap penguasaan suatu kompetensi kerja, sertivikat ini harus informatif, valid, terdokumentasi dan mampu ditelusuri. Hal ini bisa dibangun suatu sistem sertivikasi yang didukung regulasi, kelembagaan serta sistem manajemen mutu yang memadai,? kata Budhyana.

Sementara itu, Subekti mengatakan pelatihan peningkatan SDM bidang pariwisata (workplace assessor) diikuti sekitar 40 orang peserta dari lembaga pendidikan pariwisata, hotel dan restoran. Pelatihan ini hasil kerjasama Balai Kemitraan Disbudpar Jabar dengan lembaga Sertivikasi Profesi Pariwisata (LSPP) Nusantara.?Diklat tenaga assessor kepariwisataan ini bertujuan meningkatkan SDM pariwisata yang handal dan professional, sehingga tenaga pariwisata ini mampu bersaing di bidang pariwisata. Selain itu, dengan diklat ini diharapkan tercipta standar kompentensi yang memiliki muatan kekhasan local,? katanya.

2008-05-11 16:47:05

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/quickhash.so' - /opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/quickhash.so: undefined symbol: qha_jenkins2

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: