Sat, 18 Aug 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Satukan Para Pemuda, Gema Peta Menggelar Silaturahmi Generasi Muda Indonesia Lewat Seni Budaya

(Bandung): Untuk meningkatkan silaturahmi antar pemuda khususnya di Jawa Barat, Ormas Gema Peta akan menggelar berbagai kegiatan seni budaya Sunda di Lapangan Gasibu pada Minggu (8/6) dari pagi hingga sore hari. Kegiatan ini hasil kerjasama Gema Peta dan EO 86 Production.

Hal tersebut dijelaskan Panglima Gema Peta Yusuf "Papeuh" Sugandi didampingi EO 86 Production Yogi, Wakil Panglima Gema Peta Deni (Ozenk), Trisna Senjaya dan perwakilan Gema Peta dari beberapa daerah. Jumpa pers ini dilaksanakan di Rumah Makan Bale Gazebo, Jl. PPH. Mustofa (Surapati), Kota Bandung, Kamis (5/6).

Menurut ?Papeuh? yaitu nama beken dari Yusuf Sugandi, kondisi sekarang ini masyarakat sangat memerlukan bantuan dari berbagai pihak, apalagi dengan kenaikan harga BBM. ?Untuk itu, Gema Peta yang dideklarasikan pada 28 Oktober 2007 di Taman Makam Pahlawan Kota Bandung bertekad tidak akan menuangkan aspirasinya dengan berdemo. Tetapi Gema Peta akan menyampaikan berbagai aspirasi lewat pergelaran seni dan budaya yang dimiliki masyarakat Jawa Barat. Dan pada even ini diharapkan Menpora RI Adyaksa Daud bisa hadir,? katanya.

?Gema Peta ingin merangkul dari berbagai kalangan baik pengusaha, pemerintah, aparat penegak hukum dan keamanan, seniman-budayawan, ulama dan ahli spiritual maupun aktivis untuk bersama-sama memecahkan berbagai persoalan yang melilit masyarakat Jawa Barat maupun masyarakat Indonesia lainnya. Kami akan menyampaikan suara rakyat untuk pemerintah, maupun suara pemerintah untuk rakyat. Sehingga rakyat bisa lebih diberdayakan dari berbagai bidang yang ada dengan mengembangkan potensi di Jabar. Terutama dalam wadah-wadah yang jelas dan positif bagi para pemuda,? ungkap Yusuf.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Silaturahmi Generasi Muda Indonesia dari Gema Peta, Deni mengatakan bahwa ia akan lebih fokus kepada bidang garapan pengembangan seni budaya lokal Jawa Barat. ?Hal ini sesuai back ground saya dari STSI Bandung. Untuk itu, dalam pagelaran nanti, seni daerah akan lebih ditonjolkan. Sebab saat ini banyak anak-anak pelajar yang tidak bisa bahkan tidak tau sama sekali seni daerahnya. Seperti meniup seruling bambu saja ternyata banyak anak-anak tidak bisa membawakannya. Apalagi bila anak-anak remaja ini disuruh membawakan tarian atau jenis kesenian Sunda lainnya, banyak dari mereka tidak bisa. Padahal kalau kita pergi ke luar negeri, yang pertama ditanya adalah seni budaya apa saja yang ada di daerahnya,? tutur Deni ?Ozenk? sambil memperlihatkan mimik keprihatinannya akan perkembangan seni budaya daerah.

Menurut Yogi, Silaturahmi Generasi Muda Indonesia yang digagas Gema Peta dan 86 Production Minggu (8/6) di Lapangan Gasibu pada pukul 9.00-17.00 WIB, akan menyuguhkan marching band dengan lagu Halo-Halo Bandung, Manuk Dadali dan lagu perjuangan Maju Tak Gentar. Selain itu, pada pembukaan juga mempersembahkan musik perkusi, tarian teatrikal, Seratus Persen Band Sundanese, Saung Angklung Udjo dan Pencak Silat. Termasuk tari Jaipongan, Celempungan, Tablo, Benjang dan Bazar makanan serta merchandise.

2008-06-05 18:11:30

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/quickhash.so' - /opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/quickhash.so: undefined symbol: qha_jenkins2

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: