Sat, 15 Dec 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

PPPGL Sebagai Sarana Penelitian dan Penggalian Kekayaan Dasar Laut

Untuk meneliti dan menggali potensi kekayaan yang berada di dasar laut perairan nusantara, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memiliki Kantor Cabang Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) di Cirebon.

Sebagai instansi pemerintah, PPPGL memiliki peran penting dalam merumuskan kebijakan pengelolaan sumber daya laut, penentuan batas wilayah laut, konservasi terumbu karang serta pulau-pulau kecil. Selain itu, PPPGL sebagai penyedia data bagi desain pembangunan infrastruktur. Seperti platform pengeboran lepas pantai, kajian pembangunan jembatan (large scale bridge) proyek Tri Nusabakti, terowongan bawah laut ataupun peletakan pipa kabel dasar laut.

Demikian diungkapkan Kepala PPPGL Bandung, Ir. Subaktian Lubis kepada wartawan beberapa waktu lalu. Menurutnya, PPPGL juga telah melakukan kemitraan dengan pihak pemerintah Jerman yang diarahkan untuk mengidentifikasi potensi mineralisasi emas, perak dan tembaga di kawasan yang berpotensi hidrotermal di sekitar gunung api bawah laut Komba Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lanjut Lubis, sejarah berdirinya PPPGL dimulai dengan dibentuknya Seksi Geologi Marin dan Seksi Geofisika Marin pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi (P3G) tahun 1979. Dan pada 6 Maret, PPPGL di bawah Dirjen Geologi dan Sumber Daya Mineral berdasarkan SK Menteri Pertambangan dan Energi No. 1090 tahun 1984. Awalnya PPPGL didukung 4 bidang teknis, yaitu Bidang Geologi Kelautan, Bidang Geofisika Kelautan, Bidang Sarana Operasi Kelautan, Bidang Manajemen dan Informasi, dan Bagian Umum dengan jumlah SDM 164 orang. Sedangkan sarana dan prasarana yang dimilikinya sebagian besar berasal dari P3G.

?PPPGL telah membangun Kapal Peneliti Geomarin I dan memiliki peralatan survei pantai. Kapal Peneliti Geomarin I ini dioperasikan untuk mendukung kegiatan pemetaan geologi kelautan bersisten skala 1:250.0000 di perairan dangkal. Dan peralatan survei pantai dioperasikan untuk mendukung kajian geologi kelautan tematik di kawasan pesisir. Selanjutnya PPPGL mempunyai tugas litbang bidang geologi kelautan di seluruh wilayah laut Indonesia dalam rangka menunjang sektor energi dan sumber daya mineral,? jelas Lubis.

PPPGL Cirebon

Menurut Kabid Pengoperasian Kantor Cabang PPPGL Cirebon, Nana Sutisna, PPPGL Cirebon merupakan wujud aplikasi kantor pusat PPPGL di Bandung. Hasil kajiannya sepeti Pemetaan Geologi Kelautan Sistematik skala 1:250.000, Kompilasi Geologi Kelautan skala 1:1.0000.000, Penyelidikan Geologi Kelautan Tematik, Data Pendukung Klaim Landas Kontinen Blok Ambalat, temuan kandungan mineral langka dan mineral radioaktif, dan potensi gas biogenetik kelautan (gas dangkal).

Sedangkan fasilitas dan sarana yang dimiliki PPPGL Cabang Cirebon yakni laboratorium geoteknik, laboratorium sedimen, laboratorium mineral, coldstorage dan dermaga geomarin. ?Diharapkan setelah adanya pengembangan atau renovasi gedung baru ini dapat menambah semangat kerja dalam mengembangkan potensi yang dimiliki di Cirebon. PPPGL Cirebon melakukan pengkajian, observasi, serta penelitian di dasar laut yang berada di Indonesia bukan hanya di Cirebon saja. Penelitian ini menggunakan kapal Geomarin I. Rencananya pada Mei ini akan diluncurkan kapal Geomarin II untuk penelitian di dasar laut,? jelas Nana.

2008-03-29 14:47:58