Tue, 22 May 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

POLTEKES TNI-AU CIUMBEULEUIT BANDUNG GO INTERNATIONAL

Keberadaan Poltekes TNI-AU Ciumbeuleuit Bandung dalam melaksanakan proses belajar mengajar, tentunya dibarengi dengan mengembangkan Visi dan Misi. Adapun salah satu Visi tersebut adalah mengembangkan tenaga kerja terampil yang terpercaya. Hal ini juga tertuang dalam Misi Kampus yakni mampu menempatkan lulusannya untuk bekerja di dalam dan luar negeri, khususnya bagi Akademik Keperawatan.

?Dikarenakan di dalam Negeri sudah jenuh serta kami nilai tidak akan mendapatkan pekerjaan yang layak, serta fasilitas yang baik, maka sejak tahun 2005, kami mencoba mengirim Alumni Mahasiswa kami untuk bekerja di luar negeri khususnya Arab Saudi,? ujar Ners Muhamad Sopyan SPd,Skip. Selaku Direktur poltekes TNI-AU Ciumbeuleuit Bandung, di ruang kerjanya, belum lama ini.

Ditegaskan Sopyan, pertimbangan kami memilih Arab Saudi karena faktor persyaratannya tidak serumit ke negara Eropa, Kanada, Amerika, dll. ?Dari segi biaya pun bisa kami jangkau, serta kesiapan daripada individu untuk saat ini memenuhi standar kriteria, serta faktor kelembagaan dan lain sebagainya sudah mencukupi. Inilah awal kebangkitan kami untuk Go International. Disamping itu bagi mereka alumnis kami, yang sudah mempunyai pengalamaan bekerja di Arab Saudi dan ingin mencoba pengalaman dinegeri lain, serta jika memenuhi persyarakatan, maka kami akan fasilitasi,? ujarnya.

Lanjutnya, persiapan untuk bisa Go International tersebut, diantaranya yang pertama dengan bekal pengatahuan/pengalaman akademik masing-masing seperti Prodi Keperawatan, Prodi Kebidanan, dan Prodi Apoteker. Disertai dengan kemampuan skill yang lain yakni pengalaman penggemblengan Rumah sakit Hasan Sadikin, Rumah Sakit TNI-AU Ciumbeuleuit Dr.Salamun, dll. Melalui magang, keunggulan inilah yang dapat membawa putra-putri kami bisa bekerja pada Dinas Kerajaan Arab Saudi tersebut.

Kemudian yang kedua, keterampilan soft skill, yaitu kemampuan Inner beauty personel, yang ternyata mendapat respon tinggi bila dibandingkan dengan alumnis lain. Seperti etika berkominikasi, kemudian etika bekerja secara bertanggung jawab, etika menghargai teman, menolong pasien serta menaruh hormat pada pimpinanan. Dan yang ketiga, kemampuan berkomunikasi aktif, sebelumnya kami memberikan motivasi bahwa dengan berbekal berkomunikasi aktif, maka siapapun bisa terbang keluar negeri. ?Untuk menyiasati hal tersebut, pada saat masih menjadi mahasiswa kami gembleng dengan belajar Bahasa Inggris Ektrakulikuler, melalui Kursus Intensif Bahasa Inggris (KIBI), pada semester enam, sehari dua jam,seminggu enam kali yakni hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu, KIBI tersebut bekerjasama dengan Laboratorium Bahasa Inggris Lanud Husen Sastranegara,? kata Ners M.Sopyan.

Ditegaskan ayah dua anak ini, dampak positif dari pengiriman mahasiswa keluar negeri tersebut diantaranya bahwa alumnis mahasiswa kami bisa membawa harum nama Bangsa Indonesia. Kemudian bisa mendukung Pemerintah RI dalam hal devisa negara dan sebaliknya kami beserta negara lain dapat memberikan devisa untuk Kerajaan Arab Saudi. Disamping itu mahasiswa tersebut dapat mengangkat derajat orang tua dalam hal sosial ekonomi, serta yang tidak kalah ketinggalan dapat memberikan pengalaman yang berharga untuk hidup mereka.

Dikatakan pria kelahiran Magelang ini, bertepatan dengan Hari Perawat Se-Dunia yang jatuh pada tanggal 12 Mei 2008 ini, kami mendapat kabar dari Kerajaan Arab disana bahwa alunmis dari Poltekes TNI-AU Ciumbeuleuit-Bandung Indonesia mendapat predikat terbaik. Hal tersebut tentunya sangat membanggakan kami, dan sekaligus memotivasi kami untuk lebih baik lagi dalam melaksankan peruses belajar dan mengajar tersebut. Sehingga dapat dijadikan suri tauladan bagi yunior-yuniornya terutama yang mau bekerja di luar negeri.

?Himbauan untuk pemerintah, bahwa kami membutuhkan dukungan motivasi baik dari segi materi maupun immateri, serta fasilitas sarana dan prasana, sehingga alangkah baiknya instansi tersebut turun ke lapangan agar mengetahui apa yang kami butuhkan untuk kemajuan putra-putri bangsa ini. Kemudian dihimbau pula kepada orang tua siswa agar memberikan izin kepada putra-putrinya untuk bekerja di luar negeri,? tutur Ners.

2008-06-18 22:41:11