Fri, 19 Jul 2019

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Petugas Dipenda Kota Bandung Tagih Penunggak Pajak

Petugas penagih pajak dari Dinas Pendapatan Kota Bandung diterjunkan ke berbagai tempat, Kamis (17/7). Hanya dalam satu jam mendatangi penunggak pajak, tertagih Rp 50 juta. "Kami menerjunkan petugas untuk menyerahkan surat teguran kepada 28 wajib pajak yang menunggak sebesar Rp 841 juta," ujar Kepala Bidang Pajak Daerah Salman Fauzi.

Lima tim penagih pajak diterjunkan ke hotel, restoran, parkir, reklame dan tempat hiburan terdiri petugas pajak, PPNS dan juru sita dilepas Sekretaris Dipenda Kota Bandung Enjang Mulyana. "Penunggak pajak jika tidak menggubris surat teguran dalam waktu tiga pekan akan diberikan surat paksa sampai surat sita, " kata Salman.

Lanjut Salman, hotel, restoran, tempat hiburan dan parkir mestinya tidak ada tunggakan karena sudah dibayarkan masyarakat, tapi masih banyak wajib pajak yang tidak sadar membayar pajak titipan masyarakat. Sedangkan wajib pajak yang menunggak di antaranya enam hotel, tujuh rumah makan, sembilan tempat hiburan dan enam tempat parkir. Sedangkan pajak reklame yang semula menunggak 500 juta telah dilunasi. "Dengan cara mendatangi dan memberikan surat teguran kami nilai sangat efektif. Terbukti, dalam beberapa saat terkumpul Rp 50 juta dari penunggak pajak," tuturnya.

Salman mengatakan, target pajak tahun 2008 dari enam sektor (hotel, restoran, tempat hiburan, parkir, reklame dan PPJU) sebesar Rp 207,17 miliar. Sampai pertengahan Juli baru tercapai Rp 101,7 miliar. Sementara tunggakan pajak tahun 2007 sebesar Rp 2,5 miliar telah tertagih sebesar Rp 1,1 miliar.

2008-07-17 21:07:43