Sat, 15 Dec 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Peringatan HUT ke 58 Tingkatkan Kinerja Satpol PP Priangan

Di hari jadinya yang ke 58, Satpol PP diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan kinerja, lebih berprestasi dan profesional, khususnya dalam penyelenggaraan ketentraman penertiban umum (Tramtibum) dan penegakan peraturan daerah. Menjadikan Satpol PP yang profesional, nampaknya sudah bisa dilihat dari kesiapsiagaan, kesungguhan, komitmen dan performancenya selama ini.Pada acara ini diramaikan prosesi bela diri pencak silat dari kelompok ?Jagabaya?, bela diri ?AA Boxer? senam satpol penggunaan tongkat dan borgol, serta deville pasukan dan sarana transportasi pendukung operasional Sat Pol.

?Saya yakin setahap demi setahap kondisi kota akan berangsur mulai tertib. Itu juga tidak hanya tergantung pada Satpol PP. Keterlibatan masyarakat untuk menciptakan suasana tertib sangat mendukung, antara lain untuk memulai menciptakan budaya malu apalagi bangga jika melakukan sebuah pelanggaran,? kata Sekretaris Daerah Kota Bandung, DR. H Edi Siswadi M.Si dalam acara HUT ke 58 Satpol PP se Bakorwil Priangan, di Plaza Monumen Bandung Lautan Api (BLA) Tegallega Kota Bandung, Rabu (26/03).

Tugas tramtibum yang dibacakan Edi dari sambutan Walikota Bandung Drs.H. Dada Rosada, M.Si, hanyalah sebagian kecil dari tugas Satpol PP. Untuk itu menciptakan tramtibum, juga tanggungjawab masyarakat. ?Itu harus dipahami masyarakat, sehingga bisa melakukan penertiban bersama. Secara bertahap Pemkot juga siap memberikan dukungan penuh, terutama prasarana dan sarana untuk melakukan penertiban dan pembenahan bersama,? jelasnya. Menanggapi, tidak adanya pemberian penghargaan seperti lazimnya pada peringatan hari jadi, menurutnya, pemberian penghargaan bisa dilakukan tidak harus pada HUT Satpol PP saja. Penghargaan bisa diberikan pada saat Hari Jadi Kota Bandung. Itupun bukanlah sesuatu hal yang utama. Menurutnya, terpenting bagaimana Satpol PP bertekad memberikan yang terbaik, yaitu terciptanya ketertiban masyarakat. ?Janganlah penghargaan didahulukan, malulah sama masyarakat. Kita ingin berprestasilah dulu, baru penghargaan,? tegas Edi.

Meraih target prestasi dan target kinerja, menurutnya, tidak bisa sekaligus, tapi bisa dilakukan secara bertahap. Yang lebih utama, adalah bagaimana bersama masyarakat menciptakan sebuah kesadaran kolektif, menciptakan kesadaran untuk mencintai lingkungan yang tertib, nyaman dan kondusif. ?Sekali lagi, menertibkan PKL, itu hanyalah sebagian kecil tugas Satpol PP,? ujarnya.

Wali Kota Bandung mengingatkan, di 2008 ini terdapat tugas besar yang memerlukan dukungan dan peran seluruh jajaran Sat Pol PP. Yakni penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Gubernur/Wakil Gubernur serta 6 Pemilu Bupati/Wali Kota (Kota Bandung, Kota Banjar, Kab Garut, Ciamis, Sumedang dan Kab Bandung Barat).

Peran Satpol PP bersama TNI, Polri dan Hansip-Linmas, sangatlah sentral dalam mendukung terciptanya kemanan dan ketertiban umum. Wali kota berharap, momentum itu dijadikankan wahana evaluasi jajaran Sat Pol PP terhadap upaya perwujudan situasi tramtibum sekaligus upaya memperkokoh barisan untuk mengawal pesta demokrasi di Wilayah Priangan. ?Pengalaman Pemilu kepala daerah di berbagai tempat di Indonesia, yang cenderung menyimpan potensi konflik yang berujung pada tindaj kekerasan, kita harapkan tidak terjadi di Wilayah Priangan ini. Untuk itu persiapan pengamanan haruslah benar-beanar matang,? tuturnya.

Pemilu di Wilayah Priangan haruslah, berjalan lancar, damai, serta tidak menimbulkan dampak negatif apalagi disintegrasi bangsa. Pemilu diharapkan, bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Karena menurutnya, Pemilu kepala daerah yang lancar, tertib, damai dan kondusif akan memperlancar kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. ?Dalam kondisi seperti ini, seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat di wilayah Priangan, dapat bersikap lebih dewasa dan bijaksana dalam menggunakan hak politiknya, atas dasar sifat-sifat kemanusiaan, keadilan dan tidak terprovokasi,? jelas Edi.

2008-03-27 23:20:19