Tue, 16 Oct 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Perguruan Tinggi Kesehatan Se Jabar-Banten Perebutkan Piala Gubernur

Kegiatan Lomba Penanganan Penderita Gawat Darurat dan Bencana ke-3 yang memperebutkan Piala bergilir Gubernur Jawa Barat H.Dany Setiawan, diikuti oleh Perguruan tinggi Kesehatan Swasta Depkes dan Pemda se-Jabar dan Banten. Jumlah Peserta sebanyak 37 regu masing-masing regu 5 orang terdiri dari 20 Instansii . Diantaranya dari Instansi Serang-Banten, Kerawang, Tasik, Cirebon, Bandung dan Cimahi. ?Perlombaan ini dimaksudkan sebagai akseleri IPM Jabar 80%, pada tahun 2010 mendatang,? ujar Mayor kesehatan M Sopyan ,Spd Skep Ners, ketua forum PTS Kes Jabar ?Banten,dilapangan Apel RSU Dr Salamun, Bandung Rabu(26/03).

Dikatakan Sopyan yang juga Direktur Poltekes TNI-AU Ciumbeulueit Bandung, pada perlombaan ke-1 tahun 2006 Poltekes TNI Angkutan udara Ciumbeleuit mendapat juara pertama. Kemudian 2007 juga keluar sebagai juara pertama dan 2008 inii perkembangan peserta lomba baik dari segi kualitas maupun kuantitas semakin membaik. Adapun Kriteria penilain diantaranya Triase (Pemilah pasien), BHD (bantuan hidup buatan ,seperti napas buatan dll. Selanjutnya membuat tandu, trasportasi yang menggunakan alat/tidak dan transportasi melalui rintangan. Sedangkan Tim Penguji dari PMI dan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Dalam Sambutan Gubernur Jabar yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, yakni maksud dan tujuan penyelenggaran kegiatan perlombaan tersebut untuk pencapain IPM Jabar 80% pada tahun 2010. Serta untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menangani penderita gawat dan darurat. Baik pada saat terjadi bencana maupun dalam tatanan masyarakat, serta pada Instansi Kesehatan atau rumah sakit untuk menyiapkan tenaga kesehatan yang handal dan profesional.

Harapan Sopyan, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, agar Pemerintah daerah Propinsi Jabar memberikan sumbangan nyata yang dapat kami manfaatkan. ?Untuk perkembangan selanjutnya baik dari segi moral maupun material, kemudian untuk Perguruan Tinggi Kesehatan khususnya agar lebih meningkatkan kemampuan dan kesiapan Pertolongan pertama Pada kecelakaan ,dan untuk panitia penyelenggara penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya,? ujarnya.

2008-04-11 15:05:49