Sat, 15 Dec 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Pemerintah Tak Siap Laksanakan 20% Anggaran Pendidikan

(Bandung-BentarNews.com): Pemerintah pusat dan daerah belum siap melaksanakan ketentuan PP No. 47/2008 tentang Wajib Belajar dan PP No. 48/2008 tentang Pendanaan Pendidikan. Anggaran pendidikan 20% yang direncanakan pemerintah baru akan dilaksanakan pada 2009, sedangkan PP ini sudah diberlakukan sejak Juli 2008.

Demikian diungkapkan aktivis Dewan Pendidikan Kota Bandung Dr. Djamal, S.H., M.Hum., dalam seminar nasional dan lokakarya "Perlindungan Pekerja Profesi Guru", di Gedung Indonesia Menggugat Jl. Perintis Kemerdekaan, Bandung, Minggu (24/8). Djamal mengatakan, peran serta masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan tetap dibutuhkan dengan cara memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan atau otonomi kepada sekolah.

"Saya tidak melegalkan pungutan kepada masyarakat, tetapi sebaliknya kalau ada masyarakat ingin menyumbang diterima saja, apalagi dana CSR yang mayoritas dialokasikan untuk pendidikan," kata Djamal.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) Suparman mengatakan, PP 47/2008 dan PP 48/ 2008 kurang mengakomodasikan kesejahteraan guru. Selama ini, profesi guru masih rentan terhadap ancaman hukum dan diskriminatif, pemberian imbalan yang tidak wajar, serta kurangnya perlindungan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. Untuk itu, DPP FGII mendesak pemerintah memberikan subsidi imbalan yang disesuaikan dengan upah minimum provinsi (UMP) dan pembayaran Jamsostek terhadap guru non-PNS.

2008-08-25 16:21:42