Sat, 15 Dec 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Langgar Garis Sempadan, Beberapa Bangunan di Pasteur Dibongkar Distarcip Kota Bandung

(Bandung),- Karena melanggar garis sempadan, tempat parkir dan bangunan semi permanen di kawasan Pasteur, dibongkar tim gabungan Pemkot Bandung, Kamis (3/4). Tempat parkir yang dibongkar berada di areal showroom Yamaha Berlian. Sedangkan bangunan semi permanen berada di areal Toserba Griya, yang digunakan untuk tempat berjualan enam pedagang. Meski pemilik bangunan dan pedagang kecewa, petugas yang berasal dari Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta instansi terkait lainnya, tetap melakukan pembongkaran.

Menurut General Affair Yamaha Berlian Pasteur, Derry, pihaknya mengaku heran, mengapa tempat parkir motor di areal Yamaha dibongkar. Ia tidak tahu apakah pembongkaran ini didahului dengan surat pemberitahuan. "Bangunan ini sudah ada selama tujuh tahun, kenapa baru sekarang tiba-tiba dibongkar," ujar Derry.

Selain pemilik bangunan Yamaha, para pedagang di kawasan Toserba Griya, yang tempat jualannya dibongkar pun sempat kesal karena tiba-tiba petugas datang dan melakukan pembongkaran. Salah seorang pedagang mengatakan, di kawasan Toserba Griya ada enam pedagang. Diakuinya, mereka sudah mendapat pemberitahuan, namun mereka tidak menyangka pembongkaran dilakukan secepat ini. "Pemberitahuan ada, malah Griya pun akan membongkar sendiri, tapi kami tetap harus makan," kata salah seorang pedagang yang sudah berjualan selama 13 tahun.

Menurut Kabid Pengendalian dan Pengawasan Distarcip Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, para pedagang sudah tiga kali diberi surat pemeritahuan. "Pemilik bangunan atau kios yang akan dibongkar, sering mengatakan belum ada pemberitahuan. Padahal kita sebelum melakukan pembongkaran, memberikan surat pemberitahuan sebanyak tiga kali. Tidak hanya bangunan baru, bangunan lama yang melanggar pun akan kita tertibkan, dan itu akan kita lakukan secara bertahap. Tidak hanya kawasan Pasteur beberapa jalan di Kota Bandung pun menjadi prioritas penataan, di antaranya Surya Sumantri, Djuanda, dan Soekarno-Hatta. Distarcip ingin ada pilot project, jalan yang tertib, dan sesuai estetika. Setelah ada pilot project, tentunya daerah lain pun dilakukan penataan," katanya.

2008-04-04 18:36:25