Sat, 15 Dec 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Kota Bandung Juara Umum Porda Jabar

(Bandung-BentarNews.com): Kontingen Kota Bandung dipastikan menjadi juara umum Pekan Olah Raga Daerah (Porda) XI/2010 Jawa Barat, karena sampai Senin (12/7) pukul 22.30 WIB tetap bertengger di puncak perolehan medali dengan mengumpulkan 104 emas. Raihan ini tidak akan terkejar Kab. Bogor yang menempati posisi kedua dengan mengumpulkan 63 emas.

Perolehan medali ini masih bisa bertambah, karena pada Selasa (13/7), masih ada beberapa cabang olah raga (cabor) yang dipertandingkan, yaitu voli, basket, taekwondo, paralayang, dan sepak bola. Dengan sebelas emas yang diperebutkan lagi, Kota Bandung dipastikan tidak akan terkejar kontingen lain.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum KONI Kota Bandung, Edi Siswadi, pada malam Tasyakur kontingen Porda XI/2010 Kota Bandung, di Ballroom Hotel Grand Pasific, Jl. Pasirkaliki No. 100, Bandung, Senin (12/7). Menurut Edi, perolehan medali yang diraih saat ini meleset dari target, karena pada awalnya Kota Bandung menargetkan 122 emas. Namun, dia merasa sangat puas karena bisa meraih sekitar 87 persen medali yang diperebutkan.

"Perolehan ini sudah sangat baik, karena kami meleset 13 persen saja. Saya mengakui ada prediksi cabang olah raga yang meleset, karena hal ini terkait dengan faktor teknis dan non teknis. Misalnya ada cabor yang atletnya cedera sehingga hasilnya tidak maksimal. Lagi pula kekuatan Porda kali ini merata, persaingan juga ketat," kata Edi.

Lanjut Edi, pihaknya tetap memberikan apresiasi lebih kepada para insan olah raga Kota Bandung, karena mereka konsisten tetap berada di posisi pertama, sejak Porda XI/2010 dimulai. Setelah ini, KONI Kota Bandung akan segera melakukan evaluasi menyeluruh atas hasil yang dicapai selama Porda XI/2010. "Salah satu evaluasi yang akan dilakukan adalah penumpukan beban nomor pertandingan pada seorang atlet. Hal ini tidak boleh terjadi lagi," tuturnya.

Saat ini yang menjadi perhatian KONI Kota Bandung adalah bagaimana caranya agar atlet Kota Bandung menjadi atlet yang bisa mencetak prestasi di tingkat nasional dan dunia. Dan para atlet yang telah mencetak prestasi luar biasa ini terus dibina. "Saya berharap ada sharing beban, karena setelah ini bagian KONI Jabar untuk terus membina, sebagai salah satu persiapan PON 2012," ujar Edi.

Selanjutnya, para atlet, pelatih, dan manajer Kota Bandung yang memperkuat kontingen Porda XI/2010 akan mendapatkan bonus sebagai salah satu apresiasi Pemerintah Kota Bandung atas prestasi yang telah diraih. Bonus tersebut akan dibagikan pekan depan, saat pembubaran kontingen Porda XI/2010. Selain bonus, akan ada beasiswa pendidikan untuk para atlet berprestasi.

Tambah Edi, terkait dengan jumlah bonus yang akan diberikan, dirinya akan berkoordinasi dengan Pemkot Bandung untuk melakukan pendataan serta kalkulasi. Para penerima bonus ini, menurut Edi, tidak hanya insan olah raga yang berhasil mendulang emas, tetapi juga yang meraih medali perak dan perunggu. "Saya sangat bangga dengan semangat dan kekompakan para atlet Kota Bandung yang telah berjuang keras untuk meraih hasil terbaik. Prestasi ini bukan karena kami sebagai tuan rumah, tetapi ini adalah prestasi yang diraih melalui perjuangan," katanya. (amin/ay)

2010-07-13 20:02:02