Mon, 18 Jun 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Jutaan Wisatawan Kunjungi Jawa Barat

(Bandung): Pada musim liburan sekolah saat ini diperkirakan jutaan wisatawan nusantara akan membanjiri obyek wisata di berbagai daerah di Jawa Barat. Seperti Kota Bogor dan sekitarnya, Kota Bandung dan sekitarnya, dan Kabupaten Ciamis terutama Pangandaran maupun daerah wisata lainnya akan disesaki jutaan wisatawan lokal. Bahkan wisatawan asing pun mulai berdatangan di tempat-tempat wisata unggulan di Jawa Barat (Jabar).

Menurut Kadisbudpar Jabar, H.I. Budhyana, untuk musim liburan ini ditargetkan para wisatawan yang datang ke Jabar sebanyak tiga juta hingga empat juta orang. ?Target ini terutama wisatawan nusantara (wisnus). Tetapi tidak menutup kemungkinan wisatawan asing juga berdatangan di obyek wisata di Jabar seperti Pantai Pangandaran, Pelabuhan Ratu, Tangkuban Parahu dsb. Adapun target Disbudpar Jabar hingga akhir tahun 2008 yaitu 37,5 juta orang wisnus dan 700 ribu orang wisman,? tuturnya di Lapang Gasibu Bandung pada Hari Anti Narkoba pekan lalu.

Dalam rapat koordinasi Subdin Bina Program Disbudpar Jabar dengan dinas terkait dari kabupaten/kota beberapa waktu lalu, dibahas tentang kesepakatan pembagian target kunjungan wisatawan baik wisnus maupun wisman yang ke Jawa Barat. ?Jawa Barat sendiri untuk wisman mentargetkan 10% (700 ribu) dari target nasional sebesar 7 juta orang. Sedangkan wisnus pada 2008 ditargetkan 37,5 juta orang. Untuk tahun 2010, target wisman 10 juta orang dan wisnus sebanyak 40 juta orang,?kata Jaenudin selaku Kasubdin Bina Program di Bandung.

?Setelah target ditetapkan, kita bersama-sama kabupaten/kota di Jawa Barat membuat kesepakatan-kesepakatan. Dan kita menyamakan persepsi melalui arahan dari pusat data dan informasi dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI serta dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat,? ujar Jaenudin.

(foto H.I. Budhyana by Asep Y)

2008-06-30 13:04:04