Fri, 17 Aug 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Ikapi Jabar dan Pemkot Bandung Galakkan Minat Membaca Buku

Sejak 2001 lalu Hari lahirnya IKAPI dan Perpustakaan Nasional setiap 17 Mei selalu diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Sementara untuk tingkat Kota Bandung, peringatan ini dipusatkan di Plaza Balaikota Bandung, jalan Wastukancana, No.2, pada hari Minggu (18/5), dengan tema Bandung Membaca Indonesia Bangkit. Acara ini hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Bandung dengan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Barat.

Menurut ketua panitia peringatan, Mahfudi, sejak pagi ribuan orang telah memenuhi halaman plaza, untuk ikut memeriahkan peringatan ini dengan membaca secara serempak, yang diharapkan nantinya dapat memecahkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI). ?Panitia telah menyediakan sekitar 25.000 judul buku yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat, yang nantinya akan dibaca secara serempak,? ujarnya.

Sebagai upaya untuk terus membudayakan gemar membaca di masyarakat, Ikapi Jawa Barat, menurut ketuanya, H. Anwarudin telah berupaya dengan cara menggelar berbagai pameran yang dilakukan secara berkala tiga kali dalam setahun. ?Pameran yang dilaksanakan tersebut, tentunya dengan berbagai tema yang berbeda, seperti Pesta Buku Bandung, Islamic Book Fair, dan Pameran Buku Bandung,? katanya.

Untuk 2008 ini menurut Anwarudin, kegiatan pameran yang terakhir akan dilaksanakan bulan Agustus, kegiatan ini untuk mengukur sejauhmana masyarakat melek atau sadar betapa pentingnya buku dan membacanya.

Ketua Ikapi Pusat, Setia Darma Majid, menyebutkan bahwa membaca adalah sesuatu yang berguna bagi bangsa, dan ikapi ingin membangkitkan minat baca di masyarakat, dan kita harus dapat menerbitkan buku yang berkualitas. ?Kemarin saya membaca di media bahwa buku-buku berbahasa Sunda sudah minim, ini merupakan tantangan bagi Ikapi Jawa Barat, kenapa buku berbahasa daerah sudah sangat minim, di perpustakaan daerah perlu buku-buku muatan lokal yang berbahasa Sunda. Untuk itu marilah kita bangkitkan muatan lokal menjadi kekuatan bangsa ini,? tuturnya.

Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada, SH. M.Si. mengatakan, apabila kita melihat kepada negara yang sudah maju dan mempertanyakan kenapa mereka bisa maju, jawabannya adalah karena pendidikan. Pendidikan yang baik, menurutnya harus ada sekolah yang baik dengan gurunya yang sejahtera, dan ketersediaan buku. ?Apabila kita juga ingin maju jawabannya adalah pendidikan dan membaca, saya menghargai apabila warga Kota Bandung, yang di rumahnya ada buku. Meskipun itu hanya sebagai pajangan, tetapi pasti suatu saat buku itu akan dibacanya juga. Dan kegiatan membaca itu jangan hanya dalam upaya pemecahan rekor saja, tetapi juga terus dilakukan dalam kegiatan sehari-hari,? kata wali kota.

Berkaitan dengan kegiatan membaca serempak wali kota berharap selain upaya pemecahan rekor Muri, dalam kesempatan tersebut diberikan sebuah mobil perpustakaan keliling yang didalamnya berisi 1.667 buku dengan 833 judul buku, dari Perpustakaan Nasional, kepada Pemerintah Kota Bandung. Selanjutnya mobil itu secara simbolis diberikan oleh Dadi Rahmanata kepada Wali Kota Bandung. Wali Kota juga membubuhkan tandatangannya, pada kain putih yang terbentang mengelilingi taman plaza. Aksi tanda tangan tersebut diikuti oleh pejabat publik dan masyarakat yang hadir sebagai komitmen untuk terus membudayakan gemar membaca.

2008-05-21 22:45:30

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/quickhash.so' - /opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/quickhash.so: undefined symbol: qha_jenkins2

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: