Sat, 15 Dec 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

DOA BERSAMA DAN TASYAKUR BINIKMAH MENYAMBUT PLTSa GEDEBAGE

(Bandung)-Berbekal komponen masyarakat, ulama, seniman, budayawan, pimpinan ormas/OKP, lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM), PKK, para ketua RW serta tokoh masyarakat lebih kurang 3000 orang. Mereka (masyarakat) bersama-sama melakukan doa bersama tasyakur binikmah menyambut rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Gedebage di lapangan RW 02 Babakan Leunca Kelurahan Cimencrang Kecamataan Gedebage kota Bandung beberapa waktu lalu.

Acara ini dihadiri Walikota Bandung H Dada Rosada Sh Msi beserta jajaran unsur muspida, sejumlah anggota DPRD, para pejabat public, Ketua Tp PKK Kota Bandung Hj.Nani Dada Rosada. Tasyakur ini ditandai pembacaan puisi dan lagu bertemakan PLSTa dan Tauziah bertemakan bagaimana menjadi manusia yang bermanfaat menurut ajaran Islam. Serta penyerahan 4 buah Traktor pembajak sawah dan 4 unit mesin pompa air bantuan Departemen Pertanian RI untuk kelompok Tani Kelurahan Cimencrang dan kelurahan Rancanumpang kecamatan Gedebage,diserahkan langsung Walikota Bandung.

Warga Bandung Timur khususnya Ujungberung dan Gedebage pasca perluasan Wilayah Kota Bandung sejak ditetapkannya peraturan Pemerintah (PP) 16 tahun 1987, dikatakan Walikota warga di daerah ini belum sepenuhnya menikmati pemerataan hasil-hasil pembangunan seperti yang telah dirasakan warga kota lainnya. Dengan potensi yang dimiliki, terlebih dengan konsep penataan kota pengembangan kawasan Bandung Timur, pembangunan wilayah Gedebage yang diawali pembangunan sarana Olahraga dan PLTSa Gedebage, maka pertumbuhan sosial ekonomi di kawasan ini akan lebih cepat berkembang yang sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

?Kondisi kemacetan Gedebage dengan luas wilayah lebih dari 900 hektar, dengan jumlah penduduk 30.000 jiwa sebagai besar bermata pencaharian di bidang pertanian dan pedagangan. Sedangkan di dalamnya terdapat warga kurang mampu sebanyak 200 orang dan 900 adalah penganggur. Hal ini adalah persoalan yang harus diselesaikan, Jadi bicara persoalan pembangunan kesejahteraan ,wilayah ini harus segera dipicu pertumbuhannya, ujar Walikota.

Cerita soal PLTSa Walikota menuturkan pemkot berusaha memberikan yang terbaik bagi warganya, PLTSa adalah perwujudaan dari pelaksanaan keimanan karena Agama mengajarkan, kebersihan adalah sebagian adaripada iman. Menurutnya sebaik-baiknya hidup manusia tidak saja bermanfaat bagi dirinya, tapi juga harus bermanfaat bagi orang lain, pengorbanan dengan ikhlas, tulus, dan menghasilkan.

Keberadaan PLTSa tidak saja menyelesaikan persoalan sampah, tapi juga akan berdampak positip pada terbukanya kesempatan kerja bagi warganya. Karena ada kewajiban-kewajiban dari pemerintah kota yang harus dilakukan oleh pengembang PT BRIL. Walikota menegaskan dirinya tidak mau lagi terjadi musibah masalah sampah yang menyengsarakan rakyat terulang kembali.

Menurut Drs,Tatang Suratis selaku koordinator penyelenggara menilai pembangunan SOR Gedebage adalah sebagai langkah tepat untuk mengukir prestasi di bidang olahraga sekaligus penyediaan ruang terbuka dengan beribu-ribu tumbuhan. Sedangkan PLTSa Gedebage dengan penerapan teknologi canggih akan dapat menyelesaikan persoalan sampah.

Lanjut Tatang, penanganan PLTSa secara sungguh-sungguh dan mendalam, diiringi aspirasi warga, akan menjadikan PLTSa sebagai bagian kehidupan, kebutuhan bersama dan bangunan bersama yang bersandar pada pertolongan Alloh SWT. ?Inilah esensi dari kegiatan ini, serta awal permohonan agar pembangunan tersebut mendapat rahmat dan hidayah, pertolongan kelancarannya. Kegiatan ini juga sekaligus untuk memperkokoh komitmen bersama seluruh komponen masyarakat dalam pembangunan SOR dan PLTSa Gedebage,?ujarnya.

2008-04-15 21:10:05