Sat, 15 Dec 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Disdik Kota Bandung Anggarkan Rp 2,4 Miliar Bagi Siswa tak Mampu

(Bandung-BentarNews.com): Dinas Pendidikan Kota Bandung mendapatkan anggaran tambahan sebesar Rp 2,442 miliar yang bersumber dari APBD Perubahan Kota Bandung. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Oji Mahroji mengatakan, tambahan anggaran ini dipergunakan sepenuhnya untuk membayar bantuan pendidikan bagi siswa tidak mampu melalui Program Bawaku Sekolah.

"Pada awal tahun pelajaran 2008 ada sekitar 30.000 siswa SD/MI yang masuk dalam daftar penerima bawaku sekolah, tapi yang sudah diajukan pada APBD murni baru sekitar 27.061 siswa. Sisanya baru dialokasikan pada perubahan ini. Untuk bawaku sekolah ini, setiap siswa SD/MI akan menerima Rp 200.000,00 per tahun, sedangkan untuk tingkat SMP/MTs. berhak menerima Rp 350.000,00 per siswa per tahun," kata Oji di Bandung, Jumat (26/9) seperti yang dilansir PR.

Sementara untuk tingkat SMP/MTs, jumlah penerima bawaku sekolah di awal tahun pelajaran berjumlah 21.800 siswa. Yang sudah diajukan pada APBD murni baru 16.500 siswa. "Sisanya sebanyak 5.300 siswa baru masuk pada anggaran perubahan sekarang. Jadi, pada perubahan ini sepenuhnya diperuntukkan untuk membayar bawaku sekolah yang belum tuntas pembayarannya di APBD murni. Dan seperti halnya penyaluran dana BOS, dana bawaku sekolah ini juga disalurkan melalui sekolah tempat siswa tersebut belajar. Jadi, sekolah yang mengelolanya," kata Oji.

Selain itu, saat ini juga sedang diproses pembayaran tunjangan daerah bagi guru honorer. Yakni untuk periode Juli, Agustus, dan September dengan besaran Rp 25.000,00 per bulan untuk setiap guru. "Sekarang sedang dalam proses, diharapkan tunjangan bagi bapak ibu guru honorer ini bisa cair pada Oktober nanti setelah Lebaran," ujar Oji.

Tunjangan ini, akan dibagikan kepada lebih dari 13.000 guru honorer yang ada di Kota Bandung. Mulai dari tingkat SD sampai kepada SMA/SMK. "Pada Agustus yang lalu juga sudah dicairkan tunjangan daerah untuk periode Januari hingga Juni, rapel selama 6 bulan. Jika ditotal, anggaran yang disediakan untuk membayar tunjangan daerah bagi 13.000 lebih guru honorer ini adalah sekitar Rp 14 miliar untuk satu tahun yang bersumber dari APBD Kota Bandung," tutur Oji.

Sementara itu, DPRD dan Pemkot Bandung masih menunggu hasil evaluasi Gubernur Jawa Barat atas Rancangan Perda APBD perubahan 2008. "Kami harap bisa secepatnya agar dana bawaku sekolah juga bisa dicairkan Oktober nanti," ujar Ketua Panitia Anggaran DPRD Kota Bandung, H. Lia Noer Hambali.

Sehingga total dana bawaku sekolah yang dialokasikan dalam APBD 2008 senilai kurang lebih Rp 43,5 miliar. Terdiri dari Rp 41,2 miliar yang dianggarkan dalam APBD murni 2008 dan Rp 2,4 miliar yang dianggarkan melalui APBD perubahan. Dana itu belum termasuk dana untuk tunjangan fungsional sebesar Rp 15 miliar dan tunjangan daerah guru.

2008-09-27 20:59:45