Mon, 10 Aug 2020

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Dansektor 9 Cek Pembuangan Air Limbah PT Kertas Padalarang Agar Layak Buang

Padalarang-BentarNews.com: Dansektor 9 Citarum Harum Kolonel Inf Amir Mahmud melaksanakan  pengecekan pembuangan air limbah dari PT Kertas Padalarang yang berlokasi di Jalan Cihaliwung No 181 Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Selasa (11/2/2020).

 

Saat dilaksanakan pengecekan kondisi akhir dalam kondisi baik dan layak buang, tetapi masih harus banyak yang diperbaiki kualitas agar pembuangan lebih bersih dan bening sesuai dengan harapan.

 

Vice President PT Kertas Padalarang Rusli Siregar mengatakan bahwa PT Kertas Padalarang setelah ada sidak oleh Satgas Citarum sektor 9 pada Rabu (5/02/2020) lalu, kami langsung membuat komitmen untuk melakukan pengurasan bak ipal dalam jangka waktu satu minggu setelah sidak tersebut. “Langkah selanjutnya, pada keesokan harinya Kamis (6/02/2020) menstop produksi hingga hari ini, karena melakukan pengurasan bak ipal terlebih dahulu. Namun besok di hari Rabu (12/02/2020) kami akan proses produksi kembali dengan harapan baku mutu akan sesuai dengan permen LH,” jelasnya.

 

Lanjut Rusli, dari komitmen sebelumnya bahwa, pihaknya menyelesaikan juga pembersihan gorong, saluran air yang sudah tercemari limbah dari perusahaan. “kami bersama warga dan Satgas Citarum harum sektor 9 dan itu juga kami sudah selesai melaksanakan pembersihan gorong-gorong saluran air limbah,” ujarnya.

 

Dansektor 9 Kolonel  Inf Amir Mahmud pada kesempatan itu pula menyampaikan bahwa Out Pall PT. Kertas Padalarang pada saat ini dalam keadaan layak buang, namun demikian kepada PT. Kertas Padalarang tetap diberi teguran berupa peringatan secara lisan dan tertulis. Hal ini karena mereka telah membuang limbah kotornya pada hari Selasa (5/02/2020) dan ditindak lanjuti dengan pemberian teguran secara resmi dengan tertulis.

 

“Tindakan kepada pelaku industri yang melakukan kelalaian ataupun kesalahan dari pengolahan limbahnya secara tidak benar akan diberikan tindakan dan edukasi secara bertahap dan bertingkat. Hal ini mulai teguran lisan ataupun tertulis, sanksi sosial dalam bentuk karya bakti membersihkan sungai yang tercemar oleh pembuangan limbahnya dan diberikan sanksi sosial berupa penutupan dan melokalisir pembuangan limbah perusahaan tersebut dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan tingkat kesalahannya,” tegas Amir.

 

“Sedangkan tindakan yang diberikan kepada Pihak PT. Kertas Padalarang, masuk dalam katagori tahap pertama yaitu teguran atau peringatan secara lisan dan tertulis, serta menekankan kepada manajemen PT Kertas Padalarang untuk, memperbaiki atau menambah dan membangun IPAL agar sesuai dengan kapasitas produksi,” ujar Dansektor 9.

 

“Kepada PT Kertas Padalarang tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pengecoran ataupun penutupan saluran pembuangan limbahnya apabila tidak melaksanakan komitmennya sesuai yang diharapkan,” tegas Amir Mahmud. (Asep Yulianto/ Foto Dok Pendam III/Siliwangi)

2020-02-12 04:39:38