Thu, 19 May 2022

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Brimob Siap Lindungi Polisi Umum Hadapi Ancaman Teroris

Bandung-BentarNews.com: Kegiatan simulasi dalam mengantisipasi ancaman aksi terorisme di Jawa Barat digelar di lapangan Mapolda Jabar pada 25/2/2016 pukul 08.00 WIB. Dalam kegiatan ini, salah satu anggota Brigade Mobil (Brimob) Polda Jabar memperagakan penangkapan pelaku teroris dan anggota brimob lainnya menjinakkan bom menggunakan salah satu alat peraga.

Saat di wawancarai BentarNews.com, Dansat Brimob Polda Jabar AKBP H.Agustri Heryanto, SIK disela-sela kegiatannya menjelaskan bahwa dalam menghadapi aksi terorisme ini sebetulnya adalah tugas pokokBrimob. Keahlian dari kesatuan jajaran Brimob ini dilatih dan diasah secara kontinyu kemampuannya dengan tujuan untuk dapat mengantisipasi dan menghadapi ancaman maraknya terorisme yang ada.

“Kalau zaman dulu hanya cuma ancamannya saja tapi sekarang dengan implementasinya. Maka dari itu seluruh anggota terus mereview dan mereferensi kegiatan-kegiatan yang sudah terdahulu agar dapat mengevaluasi dan memperbaharui kegiatan-kegiatan yang kurang kita suka,”ujar Agustri.

Agustri menambahkan salah satu manfaat dari mereferensi tugas tugas pokok kita agar Brimob lebih tanggap dalam menangani teroris secara singkat sesuai prosedur yang dimiliki. “Sebanyak 100 personel yang dilibatkan dalam simulasi tadi dan pasukan Brimob dari satuan samping lain atau fungsi lain diantaranya Polisi Reserse, Lalu-lintas, Inafis dan Dokkes. Sedangkan alat-alat yang digunakan di peragaan tersebut, diantaranya jibom, distoper, detector, body armor dan kendaraan pantis tektika yang notabenenya anti peluru juga dilibatkan dalam pelatihan simulasi tadi. Dan demi terselenggaranya simulasi tadi, kami berlatih selama tiga hari berturut-turut untuk gladinya dan selama 1 bulan penuh untuk persiapan internnya, karena kita harus menggabungkan dulu masing-masing fungsi untuk latihan parsial yang dilakukan di Satuan Brimob,” ungkapnya.

Lanjut Agustri, pihaknya punya wacana ke depan yang akan memberikan suatu tulisan bahwa sudah saatnya untuk Brimob lindungi polisi umum dan bahwa saatnya untuk polisi umum meminta bantuan baik dari manapun polisi itu berada. “Misalnya ketika polisi umum ke tempat kejadian perkara (TKP) itu wajib kita lindungi, kita melihat kejadian kemarin yang di Thamrin terjadi pemboman pada saat Polisi Lalu Lintas sedang mengamankan TKP atau menolong korban malah ditembak di belakang oleh pelaku pemboman walaupun eksecute sudah betul tapi tetap diperlukan perlindungan dari yang ahlinya,” jelasnya. (Lia)

Ket.Foto : Komandan Satuan Brimob Polda Jabar AKBP H.Agustri Heryanto, SIK (kiri) bersama Kompol Andri, usai Simulasi Penanggulangan Ancaman Aksi Terorisme di Lapangan Polda Jabar Jl. Soekarno-Hatta, Kamis (25/01/2015). Foto di bawah: aksi satuan motoris Brimob Polda Jabar. (Foto oleh Lia Aprilia/BentarNews.com)

2016-02-26 23:08:17