Thu, 19 May 2022

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Berantas Peredaran Narkoba Polwiltabes Gelar Razia

(Bandung-BentarNews.com): Sebanyak tiga orang pengunjung tempat hiburan malam diamankan Polwiltabes Bandung dalam razia narkoba yang digelar Bandung, Sabtu (15/11) dini hari mulai pukul 00.30 WIB, di klab malam Amnesia-Paskal Hypersquare, Mansion-Parisj Van Java, dan Embassy-Ciwalk. Razia kali ini merupakan razia terbesar yang dilakukan Polwiltabes Bandung dalam sepuluh tahun terakhir. Petugas yang dilibatkan pun berjumlah lebih banyak dari sebelumnya yang terdiri dari satuan narkoba, polisi pariwisata, dan tim Badan Narkotika Kota (BNK) Bandung.

Razia yang dipimpin oleh Kasat Narkoba Polwiltabes Bandung, AKBP Sukirman juga diikuti oleh Wakapolwitabes, AKBP M. Iswandi Hari dan Wakil Wali Kota yang juga Ketua BNK Bandung, Ayi Vivananda. Bahkan, Kapolda Irjen Pol Timur Pradopo juga menyempatkan hadir di Mapolwiltabes untuk memberi pengarahan kepada petugas sebelum melaksanakan razia. Tim polisi berangkat dengan menggunakan sejumlah mobil dan truk. Sementara Tim BNK menggunakan mobil khusus bersama dokternya, sehingga pengungjung klab yang dicurigai mengonsumsi narkoba bisa langsung dites dan diketahui hasilnya.

Selanjutnya razia diawali di Amnesia di mana petugas melakukan tes urine terhadap 17 pengunjung klab tersebut. Menurut salah seorang petugas BNK, tes urine tidak dilakukan pada semua pengunjung. Tes hanya dilakukan pada mereka yang dicurigai setelah dilakukan pemeriksaan awal secara fisik. ?Jika mengonsumsi narkoba, orang akan defensif saat melihat kita. Terus saat diperiksa matanya, kondisi matanya cekung dan pupilnya mengecil," katanya.

Di Amnesia petugas hanya mengamankan seorang pemuda yang kedapatan membawa 2 butir narkoba jenis ekstasi. Razia kemudian dilanjutkan ke klab Mansion di Parisj Van Java, Jln Sukajadi. Di tempat ini Sempat terjadi ketegangan saat petugas keamanan Mansion melarang para wartawan masuk ke dalam klab. Namun keadaan mencair setelah Wakapolwil meminta pihak manajemen klab untuk mengizinkan wartawan masuk.

Di Mansion ini, petugas menemukan narkoba jenis shabu-shabu dari seorang pengunjung berinisial Ar. Meski hasil tes urine negatif, Ar tetap digelandang petugas untuk mempertanggungjawabkan kepemilikan shabu-shabu tersebut. Razia berakhir di Embassy Ciwalk, Jln Cihampelas. Di sana petugas mendapatkan seseorang pengunjung asal Medan berinisial Dj yang tes urinnya menunjukan hasil positif telah mengonsumsi narkoba jenis amphetamin. Meski hasil yang didapat dalam razia kali ini tidak banyak, Sukirman menegaskan bahwa razia semacam ini akan terus dilakukan oleh jajaran kepolisian dan BNK Bandung dalam rangka memberantas peredaran narkoba di Kota Bandung.

2008-11-15 22:08:03