Thu, 19 Apr 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Bank Jabar Banten Salurkan Kredit Rp250 M ke Usaha Mikro

Pemimpin Divisi kredit Retail Bank Jabar, Bambang A. Mulyo menerangkan, dari sembilan sektor usaha seperti pertanian, pertambangan, industri pengolahan, perdagangan, transportasi dan sektor usaha lainnya, usaha kecil dan mikro (UKM) mendapat porsi yang cukup signifikan. Hal itu terlihat, realisasi kredit yang telah dikucurkan hingga 8 April 2008 yakni sebesar Rp 250 miliar.

?Untuk UKM, melalui dua penyaluran yaitu pertama melalui program kredit mikro utama telah disalurkan sebesar Rp 208 miliar. Dari total kredit ini diberikan kepada 11.042 pelaku UKM yang menyerap sebanyak 17.475 tenaga kerja,? kata Bambang.

Sedangkan penyaluran kedua melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang memiliki linkage program dengan Bank Jabar Banten. Saat ini, sebanyak 38 BPR menerima kucuran kredit yang tersebar di Jawa Barat dan Banten. ?Setelah kita kucurkan melalui BPR, dana itu langsung disalurkan untuk UKM. Dan tercatat sebanyak 4.810 UKM yang menerima kredit,? jelas Bambang.

Sektor UKM merupakan pelaku ekonomi yang tangguh dan menyerap tenaga kerja yang banyak. Dari Rp 250 miliar kredit yang telah disalurkan, jumlah tenaga kerja terserap diperkirakan mencapai ratusan ribu orang.

?Untuk menjaring dan memberikan pelayanan kepada pelaku UKM, Bank Jabar Banten telah membuka kantor sentra UMKM yakni di Bandung dan Serang untuk wilayah Banten. Melalui kedua sentra itu, pelaku usaha bisa mengajukan kredit. Sehingga dengan adanya dua kantor sentra itu akan mempermudah pelaku UKM mendapatkan informasi maupun pengajuan kredit,? tutur Bambang.

2008-04-18 22:08:29