Thu, 19 Apr 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Balawista Kuat, Wisatawan Semakin Terlindungi

(Bandung-BentarNews.com): Peningkatan keselamatan di obyek wisata merupakan salah satu syarat bagi perlindungan jiwa para wisatawan. Dengan skil yang memadai, anggota Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) bisa menekan angka kecelakaan di lokasi obyek wisata. Terutama bagi para wisatawan yang hendak berenang di pantai.

Kadisbudpar Jabar, H.I. Budhyana mengatakan berdasarkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat, kawasan wisata Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis dan Pantai Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi menduduki peringkat 10 besar obyek dan daya tarik wisata yang terbanyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun wisatawan manca negara.

?Bermain dan berekreasi sambil berenang diperairan menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Namun kemampuan berenang dan pengetahuan wisatawan tentang karakteristik ombak, pasang surut dan arus air sangatlah berbeda-beda. Hal ini seringkali mengakibatkan kecelakaan pada wisatawan, bahkan tidak jarang meminta korban jiwa. Karena itu, keberadaan para penjaga pantai (life guard) yang tergabung dalam organisasi Balawista sangatlah penting guna mencegah atau menekan tingkat resiko kecelakaan di pantai. Sehingga suasana aman dan nyaman bagi wisatawan bisa diwujudkan dengan baik,? kata Budhyana di Bandung.

Lanjut Budhyana, Disbudpar Jabar sangat mendukung bagi peningkatan kemampuan anggota Balawista yakni dengan pelatihan Baliwista tingkat mahir (Bronze) di Kuta Bali. Karena keberadaan Balawista ini memiliki arti strategis didalam mengembangkan potensi wisata bahari di daerah. ?Keberhasilan promosi dari pelaku pariwisata sangatlah tergantung dari keamanan dan kenyamanan para wisatawan dalam menikmati liburannya. Bahkan promosi akan gagal bila resiko kecelakaan di suatu daerah wisata masih tinggi,? tuturnya.

Sedangkan menurut Kepala Balai Pengembangan Kemitraan dan Pelatihan Tenaga Kepariwisataan Disbudpar Jabar, Subekti, pelatihan anggota Balawista Jabar tingkat mahor (Bronze) dilaksanakan di Kuta Bali pada 16-22 Juli 2008. Sebanyak 50 orang anggota Balawista Pelabuhan Ratu dilatih hingga mahir oleh 7 orang instruktur dari Balawista Kuta Bali.

2008-07-21 00:24:33