Sun, 22 Sep 2019

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

Badan Geologi Luncurkan Aplikasi Magma Indonesia

Bandung-BentarNews.com: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mensosialisasikan aplikasi MAGMA INDONESIA di Auditorium Geologi Bandung, Kamis, (14/9/2017).

MAGMA INDONESIA adalah aplikasi berbasis online yang telah dikembangkan secara mandiri sejak tahun 2015. Dalam acara sosialisasi Magma Indonesia dilaksanakan di depan Badan Nasional Penanggulangan Bencana,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Para Pimpinan Tinggi, Administrator dan Pengawas di Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, para akademisi, komunitas internet dan komunitas pecinta alam.

Pada sosialisasi ini menampilkan tiga pembicara yaitu Kepala Pusat PVMBG Ir. Kasbani, M.Sc. yang menjadi Keynote Speech, yang dalam paparannya menyampaikan Mitigasi Bencana Geologi di Era Digital. Selain itu, Dr. Devy Kamil Syahbana yang mengetengahkan MAGMA INDONESIA menjembatani keinginan alam kepada masyarakat, kemudian dilanjutkan oleh Martanto ST dan Syarif Abdul Manaf A.Md yang menyampaikan Tutorial Penggunaan Aplikasi Magma Indonesia. Pada acara ini pula ditampilkan Pemutaran Film MAGMA INDONESIA, yang berisi apresiasi pengguna aplikasi MAGMA INDONESIA.

Kepala Pusat PVMBG Kasbani menyebutkan bahwa salah satu kunci keberhasilan mitigasi bencana geologi bersumber pada kecepatan, ketepatan maupun keakuratan dalam diseminasi informasi dari pemerintah ke instansi terkait hingga ke masyarakat. “Diseminasi informasi kini telah berkembang pesat sekaligus mengalami evolusi yang sangat cepat. Dahulu, perjalanan informasi dari saat dipublikasikan hingga saat sampai kemasyarakat membutuhkan waktu yang relatif lama. Hal ini sangat tidak relevan dalam kondisi kedaruratan dan terutama di dalam era komunikasi digital yang telah berkembang pesat seperti saat ini. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah terobosan dan inovasi yang  mampu menyelesaikan permasalahan lambatnya diseminasi informasi kebencanaan geologi di Indonesia,” katanya.

Lanjut Kasbani, pihaknya  mengharapkan hadirnya aplikasi MAGMA INDONESIA ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan mitigasi bencana geologi kepada masyarakat.”MAGMA INDONESIA adalah wujud hadirnya negara di tengah-tengah masyarakatnya dalam upaya mitigasi bencana geologi melalui penyampaian diseminasi informasi dan rekomendasi secara real time melalui aplikasi Web maupun aplikasi Android. Kami berharap semua elemen terlibat dalam pengembangan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat terutaa dalam mitigasi bencana geologi dengan mengajaka untuk terus bekerjasama dalam melakukan upaya mitigasi bencana geologi.,” ungkapnya. (agus/asep)

2017-09-14 23:53:12