Sat, 15 Dec 2018

BentarNews.comInfo terakhir seputar Jawa Barat

Breaking News

AP2ersi: Target RSH Turun 50% Menjadi 6 Ribu Unit Rumah

(Bandung-BentarNews.com): Pembangunan RSH (rumah sederhana sehat) di Jawa Barat diperkirakan hanya akan tercapai separuh dari target yang sudah ditentukan. Berbagai gejolak ekonomi yang terjadi di tahun 2008, terutama dampak kenaikan harga BBM Mei lalu yang sempat membuat pembangunan RSH terhenti.

Paling tidak selama tiga bulan sejak kenaikan harga BBM, sebagian besar pengembang RSH di Jabar menghentikan kegiatannya. Sehingga pada waktu-waktu ini memang sangat tidak kondusif untuk RSH. Karena konsumen RSH umumnya sangat peka terhadap perubahan harga, yakni mereka akan menghentikan sementara rencana pembelian rumah. Dan mereka harus mendahulukan pemenuhan hidup keseharian terlebih dahulu.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Ap2ersi (Asosiasi Pengembang Perumahan Rakyat Indonesia), Ferry Sandiyana di acara Silaturahmi Ap2ersi, Rabu (12/11). "Oleh karena itulah, prediksi saya dari target Ap2ersi 12.000 unit tahun ini, paling hanya tercapai 6.000-7.000 unit RSH. Apalagi dari sisi pengembang sendiri ada semacam aksi menunggu karena terlalu tingginya harga-harga bahan bangunan," katanya.

Menurut dia, dengan kenaikan minyak dunia hingga pertengahan tahun 2008, membuat harga bahan bangunan terutama besi dan baja naik hingga 2-3 kali lipat. Ditambah lagi dengan kenaikan harga BBM dalam negeri, mengakibatkan harga bahan bangunan lainnya semakin naik.

2008-11-13 00:29:32